Tips Joint Income Yang Pasti Diterima

Tips Joint Income Yang Pasti Diterima

SamaneaHill.co.id , Tangerang – Membeli rumah bagi pasangan yang sudah menikah tentu saja dapat dilakukan dengan sistem penghasilan bersama (joint income). Namun, banyak pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ditolah oleh bank. Pinjaman yang cenderung besar mengakibatkan proses yang harus dijalani hingga persetujuan cukup ketat. Oleh karena itu, simak tips agar pengajuan KPR dengan joint income diterima:

Paastikan BI Checking Bersih

Bank akan terbantu dalam menilai kelayakan jika Anda pernah mengajukan pinjaman sebelumnya karena seluruh riwayat pinjaman Anda telah tercatat di Bank Indonesia. Biasanya, bank pertama kali akan meminta data untuk dilakukan pengecekan.

Jika Anda pernah menunggak, kemungkinan besar pengajuan akan ditolak karena dinilai berisiko. Oleh karena itu, sebelum mengajukan KPR pastikan catatan kredit Anda bersih.

Siapkan DP Rumah dan Biaya Lainnya

Meskipun ada beberapa bank yang memberikan DP kurang dari 30% harga rumah, bukan berarti aman untuk menyiapkan dana pas-pasan ketika memilih mengajukan KPR. Biasanya banyak hal yang tak terduga dapat terjadi, misalnya bank menilai bahwa penghasilan Anda kurang untuk membeli rumah yang diinginkan.

Masa Kerja Minimal Dua Tahun

Jika Anda seorang pegawai, pastikan Anda sudah memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun. Serta, bekerja di perusahaan saat ini minimal satu tahun sebelum mengajukan KPR. Bank akan meminta surat keterangan kerja dari perusahaan. Setiap bank memiliki peraturan berbeda-beda termasuk mengenai status kepegawaian, jadi ada baiknya melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi akurat dari masing-masing bank. (AN)

No Comments

Post A Comment