Beberapa Karya Andra Matin yang Terkenal Hingga Ke Luar Negeri

Beberapa Karya Andra Matin yang Terkenal Hingga Ke Luar Negeri

SamaneaHill.co.id, Tangerang – Banyak yang mengira arsitek-arsitek Indonesia hanya jago kandang saja. Namun ternyata ada banyak sekali arsitek hebat dan legendaris asal Indonesia yang menghasilkan karya hingga meraih penghargaan Internasional. Salah satu arsitek kebanggan Indonesia yang karyanya sudah banyak sekali diakui oleh negara luar adalah Andra Matin.

Andra Matin mempunyai nama lengkap Isandra Matin Ahmad yang merupakan seorang arsitek yang karyanya menerima banyak penghargaan. Sejak mendirikan Andra Matin Architects IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award pada tahun 1999 dan 2002.

Andra Matin sempat bekerja di biro desain ternama Hadiprana selama delapan tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka biro arsitek dengan namanya sendiri pada 1998. Jika kita lakukan pencarian gambar di Google untuk kata Hadiprana, lalu di halaman lain kita lakukan pencarian yang sama untuk kata Andra Matin, kita akan mendapati gaya desain yang terlihat sangat berbeda. Aang, demikian ia biasa dipanggil, sangat menekankan pentingnya inovasi dan konsistensi sehingga ia selalu beralih ke hal baru sebagai pendekatan untuk proyek selanjutnya.

Ada beberapa karya Andra Matin yang terkenal bahkan sudah mencapai luar negeri, di antaranya:

GBK Aquatic

Stadion Aquatic mendapat sertifikat internasional dari Federasi Aquatic Internasional (FINA). Pertama kali dibangun pada tahun 1960, seperti halnya Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Bentuk ikonik atap yang menggambarkan kegunaan stadion bukan hanya terlihat menarik secara model, tapi juga berfungsi untuk mencegah terjadinya karat dari penguapan klorin pada area stadion. Selain itu, atap yang dibuat semi terbuka itu juga berfungsi untuk mengontrol suhu air pada kolam. Yang mana berbagai teknologi modern juga sudah diterapkan pada stadion yang memiliki kolam renang utama, kolam polo air, kolam loncat indah, dan kolam pemanasan itu. Bukan hanya bertaraf Internasional, Stadion Akuatik GBK ini juga menjadi Stadion Akuatik terbaik se-Asia. Yang mana bukan hanya kapasitasnya bertambah dari 6.000 menjadi 8.000 dari bangunan sebelumnya, namun juga ramah pada disabilitas.

Elevation karya Andra Matin

Karya instalasi Andra Matin yang diberi nama Elevation juga berhasil memenangi penghargaan Internasional. Dipamerkan dalam ajang Venice Architecture Biennale 2018, karya ini berhasil mendapatkan penghormatan “special mention” dari dewan juri.

Karya Elevation dianggap penuh dengan sensitivitas yang mampu merefleksikan material dan bentuk struktur khas tradisional Indonesia. Dalam karya ini, Andra Matin menampilkan berbagai rumah tradisional Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Ia mempresentasikan hasil risetnya terhadap kekuatan arsitektur tradisional yang telah teruji tahan terhadap kondisi cuaca dan iklim serta kondisi masyarakat Indonesia. Ia berhasil menunjukkan karya orisinal manusia yang memiliki kemampuan teknis alami dalam membangun tempat tinggal.

Potato Head di Bali

Potato Head Beach Club Seminyak adalah beach club populer di kawasan Seminyak, Bali. Menawarkan view indah dari lautan biru siap memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Selain terkenal dengan pemandangan laut serta private beach, Potato Head Beach Club juga terkenal memiliki arsitektur yang unik. Ratusan hingga ribuan daun jendela menghiasi dinding bagian luar. Daun jendela juga dapat ditemukan menjadi interior lorong hingga ruangan.

Jalan masuk menuju ruang utama beach club ini dihubungkan dengan lorong kecil yang di satu sisi dihiasi tanaman hijau. Potato Head Beach Club menggandeng arsitektur lokal seperti Andra Martin serta desainer seni Eko Nugroho untuk mendesain bangunan beach club ini. Potato Head Beach Club ini bagaikan bangunan satu juta jendela. Meski jendela yang menghiasi sekekiling dinding tak berfungsi sebagai “jendela” pada umumnya namun tetap cantik menghiasi bagian dinding.

Saat ini Andra Matin juga mempunyai karya yang sangat inovatif yaitu sebuah perumahan yang berada di kawasan Parung Panjang bernama Samanea Hill. Itulah beberapa karya Andra Matin yang terkenal hingga ke luar negeri.(AN)

No Comments

Post A Comment