Cara Mengatasi Dampak Buruk Polusi Udara untuk Hidup yang Lebih Sehat

Cara Mengatasi Dampak Buruk Polusi Udara untuk Hidup yang Lebih Sehat

Samaneahill.co.id, Tangerang – Tinggal di kota-kota besar memang sangat rentan terhadap dampak buruk polusi udara. Ada banyak bahaya yang mengintai kesehatan fisik jika terlalu sering terpapar polusi udara, di antaranya adalah stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung.

Kamu wajib waspada dan mulai mencegah serta menetralisir polusi udara dengan cara-cara yang sederhana seperti berikut ini.

Hias rumah dengan berbagai tanaman

Selain bisa mempercantik tampilan rumah, tanaman juga berfungsi untuk menangkal polusi udara dan meningkatkan kualitas udara semakin baik di sekitar lingkungan rumahmu. Tanamlah beberapa pohon disekitar rumahmu agar polusi udara semakin minim.

Manfaatkan transportasi umum

Transportasi di jalanan merupakan penghasil polusi udara terbesar. Untuk membantu mengurangi polusi udara kamu dapat melakukannya dengan cara memanfaatkan transportasi umum ketika hendak bepergian. Dengan naik transportasi umum badan kamu juga akan lebih sehat karena bergerak lebih banyak serta membantu mengurangi kemacetan.

Kurangi penggunaan listrik

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa banyak masalah kesehatan yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil. Pembakaran fosil yang dilakukan terus menerus akan menghasilkan zat-zat yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan juga lingkungan. Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan pemakaian listrik ketika sedang berada di rumah seperti, mengurangi penggunaan AC, mencabut colokan yang tidak digunakan, dan mematikan lampu saat pagi dan siang hari. Untuk mengatasi agar ruangan tetap terang mesikupun tidak menyalahkan lampu, kamu bisa membangun innercourt pada rumahmu. Innercourt berfungsi sebagai sumber cahaya alami yang bisa kamu gunakan untuk menghemat listrik.

Kesadaran yang meningkat terkait masalah polusi dapat menjadi langkah awal untuk mempengaruhi orang-orang disekitar kamu agar mereka ikut berkontribusi. Jangan anggap spele kualitas udara yang kamu hirup sehari-hari, karena udara merupakan unsur penting yang dapat mempegaruhi kesehatan dan menentukan kualitas hidup di masa depan.(AN)

No Comments

Post A Comment